, ,

7 tips untuk lolos wawancara kerja, Kamu wajib baca !

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

7 tips untuk lolos wawancara kerja – Buat kamu yang saat ini sedang bingung mencari pekerjaan tentu kamu akan merasa sedikit frustasi dengan keadaan, apalagi kita sudah mengirim lamaran ke banyak perusahaan. Namun belum saja ada perusahaan yang menerima kita sebagai pekerjanya, tentu kita juga harus intropeksi diri juga mungkin ada beberapa kesalahan yang telah kita lakukan saat interview yang dilakukan oleh perusahaan.

Nah, kali ini kami dari tim ojrit akan memberikan tips buat kamu yang akan tes interview ke perusahaan, agar nanti saat kamu tes wawancara kamu bisa lolos. Penasaran dengan tips-tipsnya ? langsung saja berikut 7 tips untuk lolos wawancara kerja

1. Jangan pernah bilang “tidak tahu”

7 tips untuk lolos wawancara kerja yaitu jangna pernah bilang tidak tahu

tips wawancara kerjaKesalahan yang sering dilakukan saat wawancara kerja adalah mengatakan tidak tahu. Padahal hal ini tidak boleh dilakukan karena ini bisa menandakan kamu kurang persiapan atau kurang percaya diri. Lebih baik kamu memikirkan jawabannya terlebih dahulu dibanding harus menjawab tidak tahu. Tapi ingat ya jangan berbohong soal jawabannya karena pewawancara bisa mengetahuinya.
Fokus pada kelebihanmu

2. Perlihatkan kalau kamu memiliki PD (Percaya Diri) yang tinggi

7 tips untuk lolos wawancara kerja yaitu percaya diri

Untuk sekarang ini kemampuan seperti ini yang paling diutamakan oleh perusahaan terutama yang nantinya bidangnya akan bersinggungan dengan banyak orang, seperti marketing, teller, costumer service, public relation, karyawan STAN, Hotel, administrasi dan sebagainya. Jika satu modal ini tidak dimiliki maka besar kemungkinan bahwa anda akan sulit lolos tahapan tes masuk kerja interview ini.

Percaya diri dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk tujuan agar komunikasi dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar tapi juga mengenai kemampuan menyelesaikan setiap tugas kerja yang dibebankan pada si karyawan, semkan PD maka akan semakin merasa bisa menuntaskan semua tugas yang diberikan, dan bahkan seseorang dengan karakter demikian jauh lebih cepat mempelajari hal-hal baru yang mana inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Sebaliknya, jika seseorang kurang percaya diri maka ia akan sulit melakukan komunikasi dengan orang lain dan tentunya akan banyak pekerjaan yang terbengkalai karenanya. Belum lagi soal deadline dan target yang dibebankan, bila ia kurang memiliki ‘self confidence’ yang baik sudah pasti dia akan selalu pesimis dalam segala hal dan kemungkinan yang ia hadapi.

3. Jangan malu

7 tips untuk lolos wawancara kerja yaitu Fokus pada kelebihanmu
malu untuk menunjukkan kelebihanmu, ini saat yang tepat untuk menjelaskan atau menjabarkan kelebihanmu. Kelebihan – kelebihan ini yang akan jadi bahan pertimbangan apakah kamu bisa diterima kerja. Tunjukkan semua kelebihan yang bisa mendukung kamu bekerja di perusahaan impianmu.

4. Jawablah sesuai pertanyaan yang diberikan

Pada masalah ini banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu bahwa sebenarnya orang yang menjawab bertele-tele malah akan mendapat penilaian buruk dari penguji, atau Kabag. HRD yang biasanya melakukan tugas perekrutan karyawan baru. Di antara efeknya adalah akan dinaggap tidak tegas dan ‘jago ‘ngeles’. Untuk itu, sebaiknya jawab saja seadanya kalau memang mau lolos interview dengan mudah dan bisa mendapatkan pekerjaan dengan gampang. Jika seandainya hanya jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ yang diminta maka jawab saja seperti itu, tidak usah malah panjang lebar yang membuat kamu sulit sendiri. Keculia jika memang diminta langsung dari HRD-nya, maka barulah kamu jawab dengan lengkap dan detail. Misalnya saja, apakah kamu pernah bekerja di tempat lain? Maka jawab saja ‘Iya’ jika memang benar demikian, dan baru ditambah penjelasan jika ada pertanyaan selanjutnya.

5. Jangan terlambat datang ke tempat interview atau tes

7 tips untuk lolos wawancara kerja yaitu Jangan terlambat datang ke tempat interview atau tes

Seperti yang sudah diketahui waktu adalah uang dan ini bisa juga diasosisikan dengan kebiasaan saat bekerja. Jangan pernah terlambat menghadiri tes kerja atau wawancara kerja, anggap saja ini adalah gerbang awalmu sebelum mendapat pekerjaan.

6. Hindari promosi berlebihan

7 tips untuk lolos wawancara kerja yaitu Hindari promosi berlebihan
Walaupun kamu harus menceritakan kelebihan – kelebihan dan prestasimu bukan berarti kamu harus berlebihan mempromosikan dirimu sendiri. Jangan juga terus bercerita ngalor ngidul dan tidak berkaitan dengan pertanyannya ya.

7. Ajukan pertanyaan

7 tips untuk lolos wawancara kerja yaitu Ajukan pertanyaan

Ini salah satu hal yang paling penting, biasanya orang Indonesia ini paling malas mengajukan pengalaman. Nah, kamu harus merubah kebiasaan ini ketika sedang melakukan tes wawancara kerja. Ajukan lah pertanyaan yang sesuai, jangan sampai kamu tidak mengajukan pertanyaan apapun ya.

Itulah tadi 7 tips untuk lolos wawancara kerja, jangan merasa bingung lagi dengan tes interview atau tes wawancara kerja. Kamu cukup mempraktekkan tips yang sudah kami tulis tadi, dan terus berdoa kepada tuhan yang maha esa agar diterima di perusahaannya. Jika belum diterima maka jangan putus asa mungkin itu belum rejeki, teta semangat dan terus semangat !

Semoga informasi dan sedikit ulasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman.Jika kalian suka dengan artikel diatas silahhkan komen dan sebarkan ke teman-teman lainnya dengan klik tombol share 🙂 Salam Ojrit

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

7 tips untuk lolos wawancara kerja, Kamu wajib baca !

5

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *