, , ,

7 Tradisi Unik Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

7 Tradisi Unik Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

7 Tradisi Unik Saat Perayaan Tahun Baru Imlek – Sin Cia atau Imlek memang tidak jauh berbeda dengan tahun baru masehi atau tahun baru Hijriah bagi umat islam. Untuk tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 28 Januari 2017 kemaren dan pada umumnya, yang banyak merayakan imlek adalah warga keturuan Tionghoa.

7 Tradisi Unik Saat Perayaan Tahun Baru Imlek 1

Kata Imlek sendiri berasal dari dua suku kata yang terdiri dari im=bulan dan lek=penanggalan. Kata ini berasal dari dialek Hokkian atau Bahasa Mandarinya Yin Li yang berarti kalender bulan. Lalu apa saja tradisi unik saat perayaan imlek? Beikut Ojrit.com memberikan informasi tentang 7 Tradisi Unik Saat Perayaan Tahun Baru Imlek.

1. Membersihkan Rumah

Setiap akan menyambut imlek, pastinya semua orang yang merayakannya pasti akan membersihkan rumah mereka agar kotoran yang dianggap sebagai simbol kesialan disingkirkan. Setelah itu mereka tidak diperbolehkan menyapu dan membersihkan rumah di saat hari pertama tahun baru karena itu artinya mengusir keberuntungan yang sudah hadir di rumah.

2. Angpao

Imlek juga selalu identik dengan angpao (amplop merah), angpao hanya dibagikan kepada anak-anak yang masih lajang. Jumlah uang yang ada di dalam amplop juga tidak harus bernominal besar, yang terpenting berupa uang kertas baru dan tidak berbentuk uang logam.

3. Unsur Warna Merah Wajib di Imlek

7 Tradisi Unik Saat Perayaan Tahun Baru Imlek 2

Kepercayaan orang Tionghoa , nian atau sejenis makhluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung akan keluar saat tahun baru imlek. Makhluk tersebut akan mengganggu manusia terutama anak-anak kecil. Namun tidak perlu khawatir dengan itu semua, dengan menghiasi rumah, pakaian dan aksesoris berwarna merah dapat mengusir nian karena ia takut dengan warna merah.

4. Kembang Api

Kegaduhan yang muncul akibat kembang api di percaya oleh orang Tionghoa sebagai cara untuk mengusir makhluk jahat. Untuk itu ketika merayakannya di rumah pastikan tetangga tidak merasa terganggu dengan suara bersisik yang sahabat ciptakan.

5. Tidak Boleh Membalik Iklan Saat Menyantapnya

Dalam perayaan imlek, ada salah satu ikan yang selalu hadir di atas meja makan, yaitu bandeng. Bagi orang yang merayakan imlek, dilarang membalik ikan untuk mengambil daging ikan pada bagian bawah. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa ini kebiasaan yang melambangkan dari nilai surplus untuk tahun yang akan datang.

6. Memasak Makanan

Kue keranjang dan jeruk juga menjadi ciri khas hari raya imlek. Tidak hanya itu saja, beberapa orang juga menyiapkan makanan keberuntungan seperti mie yang tidak dipotong untuk melambangkan umur panjang, serta kue bola berbentuk uang Cina pada jaman dulu yang melambangkan kekayaan.

7. Mengunjungi Keluarga Besar

Mengunjungi keluarga besar merupakan agenda wajib saat hari imlek. Tidak heran jika pada saat-saat tersebut banyak sekali masyarakat dari etnis Tionghoa yang pulang kampung untuk merayakan imlek bersama keluarga besar mereka.

Itulah informasi tentang 7 Tradisi Unik Saat Perayaan Tahun Baru Imlek. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan para sahabat ojrit tentang fakta unik di balik tradisi imlek. Salam Ojrit.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

7 Tradisi Unik Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

5

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *